XRY Computer Science and Hobby

Kerangka Program Pada C++



Dalam program C++ standar atau bisa disebut paling simple , ada kerangka yang harus kita ketik dalam baris program , yang pertama yaitu Header dalam contoh ini #include , lalu membuat fungsi utama atau bisa disebut fungsi main() , dan harus mengakhiri baris program kita pada fungsi utama yaitu dengan mengetik return 0;
Berikut ini kerangka untuk membuat program standar dalam C++ :


#include<iostream>     //merupakan header
int main(){            //merupakan fungsi utama
    Statement_yang_akan_dilakukan;
    ...               //merupakan isi atau perintah" dari fungsi utama
    return 0;         //merupakan akhir dari program
}

Untuk itu maka akan saya jelaskan tentang fungsi - fungsi baris program di atas . 
Perhatikan #include<iostream> baris program tersebut berfungsi sebagai header dimana #include merupakan sebuah perintah untuk mengambil file header, dalam contoh kerangka program diatas maka file header tersebut bernama <iostream> , Banyak sekali file - file header C++ yang memiliki fungsi yang berbeda - beda, yang kita gunakan saat ini yaitu <iostream> , <iostream> itu sendiri berguna untuk mengaktifkan perintah input dan output dalam program C++ contohnya yaitu ( cin , cout ). Jadi bisa dipahami bahwa #include berfungsi sebagai pemanggil file header agar perintah - perintah yang terpanggil dapat berjalan di program C++ yang akan anda buat.

Selanjutnya yaitu int main() ini merupakan fungsi utama , dimana nantinya berisi statement - statement (perintah) yang akan dilakukan, dalam hal ini fungsi utama harus diawali dengan tanda ( { ) atau kita sebut dengan buka kurung kerawal , dan diakhiri dengan tanda ( } ) atau kita sebut dengan tutup kurung kerawal. Statement  - statement(perintah) ini sendiri harus diakhiri dengan tanda ( ; ) atau kita sebut dengan titik koma.

Dan yang terakhir yaitu return 0; yang berfungsi sebagai akhir dari sebuah program, mengapa sebagai akhir sebuah program ? jadi , mari kita lihat contoh kerangka diatas dimana fungsi utama bertipe data int (angka) maka untuk mengembalikan (return) sebuah nilai bertipe data angka  harus ditulis dengan angka ( 0 ) nol dan jangan lupa untuk ditambahkan dengan tanda titik koma ( ; ) untuk mengakhiri perintah. Dengan itu maka statement - statement (perintah) yang telah dijalankan pada program yang dibuat akan berhenti.

Ada satu lagi kerangka umum yang digunakan untuk mendeklarasikan sebuah Fungsi dalam sebuah program , walaupun untuk lebih jelasnya Fungsi akan saya jelaskan lebih lanjut di postingan tentang Bab Fungsi.
Berikut ini kerangka umum dari program untuk mendeklarasikan Fungsi :

#include<iostream>
//prototipe fungsi
tipe_data nama_fungsi(tipe_data_parameter1,tipe_data_parameter2,...);

//fungsi utama
int main(){
    Statement_yang_akan_dilakukan;
    ...
    return 0;
}

//implementasi fungsi
tipe_data nama_fungsi(parameter1,parameter2,...){
    Statement_yang_akan_dilakukan;
    ...
}

Jadi ini yang bisa saya bagikan kepada teman - teman , semoga bisa bermanfaat.
Sekian dan Terima Kasih.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Silahkan berkomentar :D , komentar anda sangat membantu untuk kami agar terus berinovasi .

Diberdayakan oleh Blogger.

Anda suka terhadap blog kami ? Browser anda terdeteksi menggunakan adblock.

Mohon matikan adblock anda terhadap situs kami , untuk membantu kami dengan hanya menampilkan iklan adsense.

Cara mematikan adblock untuk blog ini Klik Disini

Terima Kasih atas Kunjungan anda

×